Rabu, 27 Agustus 2014

Pekembangan TIK

TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang sering kita sebut TIK / ICT sekarang seolah - seolah menjelma menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat, khususnya remaja. Gimana nggak.. informasi dan komunikasi dari dulu emang udah jadi kebutuhan pokok, tapi bedanya jaman dulu sama sekarang adalah :

- Dulu : cari informasi selalu manual ( 100% orang itu yang menggali informasi ), dengan cara apa? ya komunikasi. Dan komunikasi pun juga bisa dibilang sederhana yaitu, langsung tatap muka, ato paling nggak kirim surat. Iya kalo emang deket jaraknya, tinggal samperin.. Kalo jauh? tinggal kirim surat..? Iya kalo jaraknya antar kota ato provinsi.. kalo luar pulau ? luar negeri ? nunggunya pasti lama kan.. hehehe :P

- Sekarang : Bedanya sama sekarang bukan di informasi sama komunikasinya, tapi di caranya.. kalo jaman sekarang cari informasi sama berkomunikasi dipermudah sama yang namanya "teknologi". Cari informasi tinggal pake internet, komunikasi jarak jauh tinggal pake gadget. Terus sejak kapan sih teknologi kayak gituan mulai ada ??????

Sejarah

Sebenernya Tahun dimulainya teknologi sih kurang diketahui, guys, tapi yang jelas itu udah berkembang sejak jaman romawi kuno, walaupun gak semua penemu teknologi adalh orang romawi. Ya kalo kita balik ke masa lalu pasti kita kenal sama orang-orang kayak Archimedes, Newton, Alexander Graham Bell, dan pasti kenal sama yang namanya Albert Einstein. Mereka adalah salah satu penemu teknologi yang terkemuka, mulai dari teknologi yang sederhana sampe yang rumit. Terus gimana sama jaman sekarang? Udah gak ada penemu kah? Salaaahhh !! Bahkan temuan orang - orang jaman modern lebih canggih lohh, dan yang jelas lebih memudahkan kita untuk cari informasi sama komunikasi. Kalo gak percaya, coba aja kalian liat siapa itu yang namanya Bill Gates, Martin Cooper, Steve Job, dkk. hehehe..

Perkembangan

Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :
  • Kemajuan teknologi yang bersifat netral
    Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  • Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja
    Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  • Kemajuan teknologi yang hemat modal
    Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya. ( sumber : www.wikipedia.org )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar